Toyota Hadirkan Solusi Mobilitas Ramah Lingkungan Melalui Konsep Multi-Pathway, Diversifikasi Teknologi

- 8 Desember 2022, 10:31 WIB
Toyota bZ4X
Toyota bZ4X /Pikiran Rakyat/ Raider Paulus/

BERITA SUBANG - Toyota mempunyai cara sendiri untuk memperkenalkan elektrifikasi di Indonesia dan mencapai netralitas karbon yang dicanangkan oleh pemerintah.

Sebagai informasi, pada ajang Conference of Parties (COP) ke-26 di tahun 2021, Indonesia menyampaikan target pencapaian netral karbon (Net Zero Emission) adalah pada tahun 2060.

Hal ini tentunya perlu dukungan berbagai pemangku kepentingan bangsa, termasuk pihak swasta.

Toyota, produsen mobil asal Jepang ini memiliki sebuah konsep yang disebut Multi-Pathway untuk pengenalan elektrifikasi.

Multi-Pathway merupakan diversifikasi teknologi yang diperkenalkan oleh Toyota untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan, tak hanya mobil listrik saja.

Hal ini telah ditunjukkan Toyota melalui pengenalan mobil Innova Zenix beberapa waktu lalu yang menggunakan mesin dengan teknologi hybrid.

Dalam penjelasan terkait sistem Multi-Pathway, Toyota menungkapkan bahwa pihaknya menggunakan pendekatan elektrifikasi dengan menggunakan berbagai teknologi.

Hal ini dilakukan agar setiap konsumen memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berkontribusi dalam rangka pencapaian netral karbon.

"Kehadiran beragam teknologi kendaraan elektrifikasi rendah emisi yang lengkap, melalui pendekatan strategi multi-pathway akan menjadi kunci keberhasilan Indonesia lebih cepat berkembang dan mengejar posisi sebagai pemain utama produsen serta eksportir kendaraan elektrifikasi di kancah internasional," kata Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam kepada Pikiran-Rakyat.com beberapa waktu lalu.

Tak hanya mobil listrik murni saja, melalui program ini, Toyota berusaha memperkenalkan berbagai solusi mobilitas yang berorientasi pada pengurangan emisi dan efisiensi bahan bakar.

Untuk produk elektrifikasi sendiri, Toyota memiliki beberapa jenis kendaraan yang mendukung program multi pathway.

Ada mobil dengan penggerak battery electric vehicle (BEV) yang dikenal juga dengan mobil listrik murni seperti Toyota bZ4X.

Selain itu ada juga kendaraan hybrid berjenis Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang salah satu contohnya adalah Innova Zenix.

Toyota juga mengembangkan mobil-mobil dengan mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) yang teknologinya bertujuan untuk mengurangi angka emisi hingga irit bahan bakar.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x