PBOIN Minta Jokowi Wujudkan Bengkel Mandiri Menuju Bengkel Modern

- 30 Mei 2022, 13:06 WIB
Ketua Umum PBOIN Hermas E Prabowo
Ketua Umum PBOIN Hermas E Prabowo /Foto: PBOIN/

BERITA SUBANG - Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN) menilai usaha perbengkelan di Indonesia saat ini masih didominasi bengkel mandiri atau tradisional, sedangkan bengkel modern masih sangat minim. Sementara peningkatan kesejahteraan belum mampu dilakukan para pelaku usaha bengkel tradisional.

Ketua Umum PBOIN Hermas E Prabowo mengatakan saat ini diperkirakan jumlah usaha bengkel otomotif modern secara
nasional kurang dari 5 persen.

"Mayoritas usaha bengkel otomotif, baik bengkel mobil atau sepeda motor, masih didominasi bengkel tradisional, sehingga belum mampu mensejahterakan pelaku dan pekerja bengkel," tuturnya dalam keterangannya, Jakarta, Senin 30 Mei 2022.

Baca Juga: Tertarik, Ini Promo Produk Aftermarket Otomotif di Harbolnas Bukalapak

Dia menjelaskan kegiatan usaha bengkel modern mendasarkan pada cara-cara pengelolaan bisnis bengkel yang modern.

"Misalnya memiliki alat diagnosa yang up date setiap saat sesuai kebutuhan, pengelolaan manajemen keuangan, manajemen suku cadang, pemasaran, pemanfaatan teknologi informasi, pengelolaan database customer, penguatan dan peningkatan SDM yang terpola, mendasarkan sistem kerja dengan pendekatan parameter teknik yang sesuai pada masing-masing kendaraan," tuturnya.

Selain itu, kata dia penguasaan skill dan kompetensi teknik yang baik dan up date, pemberian jaminan garansi, kerja sama bisnis, memiliki strategi bisnis dan memberi kepastian gaji kepada para pekerja dengan besaran wajar.

Baca Juga: Menperin Jadikan Pelabuhan Patimban Subang Sebagai Daya Tarik Bagi Investor Industri Otomotif Dari Jepang

"Pengelolaan bengkel mandiri yang modern tidak identik dengan bengkel resmi (authorized workshop), tetapi lebih pada cara-cara pengelolaan bengkel yang modern, efektif dan efisien sehingga memberi margin keuntungan lebih baik," ujarnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x