Lampu Motor Redup, Perhatikan 10 Hal Penting Sebelum Mengganti Bohlam

- 4 Januari 2021, 08:25 WIB
Ilustrasi Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor saat kunjungan kerja di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis 19 Desember 2019
Ilustrasi Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor saat kunjungan kerja di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis 19 Desember 2019 /PUSPA PERWITASARI/A/Antara Foto

BERITA SUBANG - Lampu motor Anda redup. Jangan terburu-buru untuk mengganti bohlam karena belum tentu redupnya cahaya lampu akibat kualitas bohlam yang telah menurun.

 Perhatikan 10 hal ini jika kondisi lampu motor meredup.

  1. Kualitas Bohlam Lampu

Kualitas bohlam lampu pada motor dapat mempengaruhi terang atau redupnya sinar lampu motor Anda. Pastikan bohlam pada motor Anda sudah sesuai dengan standar pabrik yang biasa dipakai untuk jenis motor tersebut. Pakailah produk original untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, Senin, standar pabrikan lampu pada motor biasanya mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt.

Namun, apabila motor Anda telah menggunakan lampu LED dan masih redup, jelas ini bukan kualitas lampu yang menjadi masalah redupnya lampu motor tersebut.

  1. Mika Lampu atau Reflektor Buram

Sama halnya dengan produk elektronik maupun otomotif yang lain, mika lampu atau reflektor juga memiliki masa pakai. Jika masa pakai reflektor motor Anda dirasa sudah habis atau sudah lama dipakai, maka sinar yang keluar dari lampu motor akan terlihat redup.

Masa pakai ini dapat Anda lihat dari umur motor. Semakin tua, mika lampu motor akan berubah menjadi semakin buram. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengganti reflektor tersebut. Pastikan sparepart yang Anda gunakan merupakan sparepart original sesuai jenis motor.

  1. Saklar Lampu Kotor

Saklar lampu merupakan komponen yang tidak kalah penting namun sering sekali dilupakan. Masalah yang terjadi pada saklar lampu motor dapat menjadi salah satu penyebab redupnya sinar yang dipancarkan lampu motor Anda.

Masalah ini dapat timbul akibat masa pakai yang sudah lama dan kurang perawatan. Lamanya masa pemakaian dapat menyebabkan saklar kendor, sehingga sinar yang dihasilkan lampu tidak stabil dan menjadi terang-redup bergantian.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x