Pemain Klub yang Berlaga di Liga 1 Indonesia Tertular Covid, Gabriella Witdarmono Sarankan Hal Ini ke PT LIB

- 15 Februari 2022, 18:18 WIB
Ilustrasi Liga 1
Ilustrasi Liga 1 /Instagram @persib

BERITA SUBANG - Pekan lalu pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa Indonesia telah memasuki gelombang ketiga COVID 19.

Hal ini ditandai dengan kembali meningkatnya kasus harian penularan Covid di Indonesia.

Gabriella Witdarmono, Pengamat Sepakbola Nasional dari Columbia University dalam keterangan tertulisnya Jumat 11 Februari 2022 mengatakan bahwa hampir seluruh elemen masyarakat Indonesia turut terdampak, tak terkecuali pemain-pemain klub yang berlaga di kompetisi Liga 1 Indonesia.

"Per Rabu 2 Februari 2022, tercatat ada 52 pemain Liga 1 dilaporkan positif COVID-19, walaupun mayoritas pemain tidak menunjukan gejala namun catatan tersebut tetap menjadi ancaman mengingat cepatnya penularan COVID-19 varian baru Omicron," tambahnya.

Menurut catatan Gabriella, tingginya kasus positif COVID-19 juga membuat beberapa federasi kompetisi olahraga mancanegara mengambil langkah yang diperlukan untuk mencegah penularan kasus COVID-19.

"Bahkan kompetisi bergengsi sekelas seperti Liga Premier Inggris pun tidak luput dari kasus penularan COVID-19 yang ditandai dengan ditundanya beberapa pertandingan. Di luar olahraga sepakbola, sejumlah pertandingan Football Amerika (NFL) terpaksa ditunda setelah Asosiasi Pemain Football Amerika (NFLPA) melihat adanya bentuk virus baru yang 'sangat menular' sehingga mengakibatkan peningkatan kasus positif COVID-19 secara substansial di seluruh liga," tuturnya.

"Selain itu, ajang olahraga bergengsi di kawasan Asia Tenggara, SEA Games 2021, yang seharusnya diselenggarakan tahun lalu juga harus ditunda hingga bulan Mei 2022, dengan pertimbangan aspek keselamatan guna mencegah perluasan penularan COVID-19 di kawasan," kata Gabriella.

Pengamat sepak bola dari Columbia University tersebut juga merujuk data di Indonesia, misalnya pada cabang olahraga basket, Indonesian Basketball League (IBL) juga memilih untuk menghentikan sementara seluruh pertandingan Seri 2 yang dilaksanakan di Bandung hingga setidaknya awal Maret 2022.

"Semua klub IBL pun sangat kooperatif dan mendukung keputusan tersebut guna mengurangi penyebaran virus ini kepada jajaran pemain, staf, dan penonton," kata Gabriella.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x