Ini Syarat Sekolah dan Kampus Untuk Dapat Lakukan Kegiatan Belajar Mengajar Tatap Muka

- 20 November 2020, 18:02 WIB
Ilustrasi pembelajaran tatap muka. /Antara Foto/Iggoy el Fitra/

BERITA SUBANG - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim sebelumnya menjelaskan sekolah dan perguruan tinggi sudah diperbolehkan melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka mulai Januari tahun depan.

Akan tetapi, tentunya ada syaratnya, yakni harus mendapatkan izin dari tiga pihak, yakni Pemerintah Daerah, kepala sekolah dan komite sekolah dan orang tua.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem: Perguruan Tinggi Juga Diperbolehkan Tatap Muka Tahun Depan

Seperti dijelaskan Nadiem pada acara yang disiarkan live di Youtube Jumat, 20 November 2020, institusi pendidikan harus memenuhi checklist berikut:

1. Harus ada sarana sanitasi dan kebersihan, yakni harus tersedia toilet bersih dan layak serta sarana cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, atau hand sanitizer.

2. Sekolah atau perguruan tinggi harus dapat mengakses fasilitas pelayanan kesehatan

3. Harus menerapkan kebijakan pakai masker untuk semua peserta didik.

4. Memiliki thermogun

5. Memiliki pemetaan warga satuan pendidikan. Secara spesifik institusi pendidikan harus: a) mengetahui siapa peserta didik yang memiliki komorbid tidak terkontrol b) memiliki akses transportasi yang aman c) mempunyai riwayat perjalanan petugas sekolah atau peserta didik dan mengetahui siapa yang mempunyai tingkat risiko tinggi tertular Covid.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X