Mengenal SLB Negeri Cicendo Kota Bandung, Sekolah Bersejarah Jejak Peninggalan Kolonial Belanda, Ini Kisahnya

- 24 Maret 2023, 06:09 WIB
SLBN Cicendo Kota Bandung
SLBN Cicendo Kota Bandung /Dok. slbncicendo.sch.id/

BERITA SUBANG - Sekolah Luar Biasa Cicendo di Kota Bandung, Jawa Barat, yang memberikan layanan untuk para siswa dengan disabilitas ternyata memiliki kisah sejarah cukup panjang, yakni sejak jaman penjajahan Belanda, yakni pada 1930.

Sejak dahulu kala, keterbatasan tidak menghalangi anak-anak untuk belajar dan terus berkarya.

Semangat tersebut masih meresap di kalangan para pendidik, hingga siswa-siswi yang belajar di SLBN Cicendo Kota Bandung.

Terbukti, pada Rabu, 1 Maret 2023,SLBN Cicendo dengan gagah menggelar kegiatan bertajuk 'Mentas Menembus Batas di Kiara Artha Park, Kota Bandung.

Hak untuk menikmati masa muda merupakan hak semua anak, tak terkecuali mereka yang memiliki disabilitas.

Namun, memang bukan perkara mudah ketika anak penyandang disabilitas bergaul dengan para nondisabilitas.

Menembus batas waktu, SLBN Cicendo Kota Bandung kini dipegang oleh para penerus yang masih berjuang mempertahankan cita-cita luhur para pendiri.

Dilansir dari situs slbncicendo.sch.id, kisah SLBN Cicendo berawal dari sebuah perkumpulan penyelenggaraan pengajaran kepada anak-anak tuli-bisu di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 3 Januari 1930 atas inisiatif Ny. CM Roelfsema Wesselink, istri Dokter H.L Roelfsema, seorang ahli THT di Indonesia.

Di kediaman Ny. Wesselink di Jln. Riau No. 20 Bandung tersebut didirikanlah sebuah sekolah dan asrama yang pertama dengan jumlah murid sebanyak enam orang.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x