Modus Para Pelaku Human Trafficking dalam Menjerat Korbannya

- 21 Februari 2023, 09:40 WIB
Noèmie Kurta dan Trigo Neo Starden
Noèmie Kurta dan Trigo Neo Starden /Beritasubang.com/

 

BERITASUBANG.COM - Noèmie Kurta Penulis dalam bidang Keamanan dan Teknologi berkebangsaan Prancis mengungkapkan para pelaku human trafficking dalam menjerat korbannya

Menurut dia, agar niat jahatnya tidak terendus, para pelaku kerap memberikan janji manis dan menyenangkan kepada korban.

"Para pelaku ini memberikan janji-jani manis kepada korban seperti gaji yang besar, pekerjaan yang mudah dan lainnya. Akan tetapi semua janji mereka itu tak akan pernah terbukti," katanya dalam pertemuan melalui Zoom Meeting pada Sabtu, 18 Februari 2023 kemarin.

Baca Juga: Satu Pekerja Migran Indonesia Ilegal Dihargai Rp60-80 Juta, BP2MI Sinyalir Tindak Pidana Perdagangan Orang

Ketika sudah diterima kerja, para pelaku perdagangan orang ini tidak segan-segan meminta bahkan menahan KTP, Paspor atau dokumen penting milik korban.

"Ketika sudah bekerja pelaku akan menahan KTP, Paspor dan dokumen penting milik korban dengan berbagai alasan," tuturnya.

Menurutnya, masyarakat baik orang tua, anak-anak, terlebih anak gadis yang ingin bekerja di luar negeri penting untuk mengetahui berbagai modus pelaku human trafficking yang kini tidak lagi dilakukan secara konvensional tapi melalui media sosial.

Baca Juga: Loker di Malaysia Bagi TKI atau PMI, Menaker Ida Fauziah Teken MoU dengan Menteri Sumber Manusia Malaysia

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x