Hasil Tes Labkesda Jabar: Bakteri Staphylococcus Aureus Bikin 106 Warga Bandung Barat Keracunan, Dua Meninggal

- 19 Februari 2023, 12:26 WIB
Ilustrasi nasi putih
Ilustrasi nasi putih /Pixabay / mufidpwt /

BERITA SUBANG - Ada kabar sedih dari Kabupaten Bandung Barat, yang diumumkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) di kabupaten tersebut.

Dinkes Bandung Barat mengungkapkan sekitar seratusan warga di Desa Cilangari, Kecamatan, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat mengalami keracunan itu diduga diakibatkan menyantap nasi yang tercemar bakteri.

Kepala Dinkes Kabupaten Bandung Barat Hernawan Wijayanto menjelaskan bakteri yang mencemari nasi yang disantap warga di Bandung Barat tersebut bernama Staphylococcus Aureus.

Hal itu, kata dia, diketahui setelah sampel nasi boks yang dikonsumsi warga itu dites di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat.

"Di dalam nasi putih ternyata positif ada bakteri Staphylococcus aureus. Sedangkan sampel lainnya aman dari bakteri dan cemaran bahan kimia lainnya," kata Hernawan di Bandung Barat,  Jumat, seperti dilansir dari kantor berita ANTARA.

Kadinkes Kabupaten Bandung Barat tersebut menjelaskan, bakteri jenis itu banyak ditemukan pada permukaan kulit, lubang hidung, serta bagian tenggorokan dalam tubuh manusia dan hewan.

Namun ketika bakteri sudah berpindah ke makanan, menurutnya, bisa berkembang biak semakin pesat dan akhirnya menyebabkan infeksi.

"Gejala yang ditimbulkan jika mengalami infeksi ini adalah diare, nyeri dan kram perut, hingga mual dan muntah," kata dia.

Menurutnya bakteri itu bisa mencemari makanan jika orang yang terkontaminasi Staphylococcus Aureus tidak mencuci tangan ketika mengolah makanan.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x