Jelang Tahun Politik, Peran Pers Penting untuk Atasi Berita Hoax, Kampanye Hitam dan Politik Identitas

- 7 Februari 2023, 15:50 WIB
Kadivhumas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo
Kadivhumas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo /Foto: PMJ News/

BERITA SUBANG - Menjelang tahun politik di 2024, peran pers sebagai pilar demokrasi keempat di Indonesia menjadi krusial, terutama untuk menjaga pintu gerbang informasi terhadap potensi peningkatan berita hoax, kampanye hitam hingga politik identitas.

Poin-poin penting tersebut menjadi bahan diskusi antara Mabes Polri dan Dewan Pers ketika kedua institusi tersebut menggelar sosialisasi peran pers nasional dalam rangka perlindungan kemerdekaan pers terkait momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Selasa 7 Februari 2023.

Dalam acara yang bertempat di Hotel Santika Dyandra di Medan, Sumatra Utara, Kadivhumas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo hadir mewakili Kapolri, didampingi Karowasiddik Bareskrim Polri Brigjen Pol Iwan Kurniawan, Kabidhumas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi.

Dari pihak Dewan Pers ada Prof Bagir Manan, serta pejabat Dewan Pers lainnya.

Kadivhumas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan Polri mendukung perlindungan kemerdekaan pers.

"Peran pers sebagai pilar ke empat sangat mempunyai peran yang sangat signifikan dalam pembangunan nasional. Melalui pers, informasi terkait pembangunan dapat terdistribusi dengan mudah dan cepat dan eksponensial," katanya membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, seperti dilansir PMJ News.

Menurutnya, adanya ruang digital saat ini sungguh diminati masyarakat sebagai wadah untuk mengekspresikan pendapat dan aktivitas lainnya sehingga muncul sejumlah platform di media sosial (Medsos).

Dedi mengungkapkan, peran media dalam menyalurkan informasi dan memberikan literasi harus selalu berpedoman pada aturan baik Undang-Undang Pers, etika jurnalistik serta lainnya.

"Untuk menjalankan aturan itu Polri dan Dewan Pers bersepakat menjalin kerjasama ditandai melalui Nota Kesepahaman No: 03/DP/MoU/III/2022 Atau Nomor NK/4/III/2022 tentang koordinasi dalam perlindungan kemerdekaan pers dan penegakkan hukum mengenai penyalahgunaan profesi wartawan," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x