Gempa Dangkal Guncang Garut, Begini Kondisinya

- 2 Februari 2023, 12:32 WIB
Garut diguncang gempa dangkal. Dilaporkan banyak rumah rusak di tiga kecamatan
Garut diguncang gempa dangkal. Dilaporkan banyak rumah rusak di tiga kecamatan /Ilustrasi/

BERITA SUBANG - Wilayah Jawa Barat kembali diguncang gempa bumi. Malam tadi, Rabu 2 Februari 2023, gempa berkekuatan Magnitudo 4,3 pada kedalaman 3 KM mengguncang Kabupaten Garut. Dilaporkan, tiga kecamatan terdampak, sejumlah rumah mengalami kerusakan. Bagaimana kondisinya?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, gempa itu terjadi pada Selasa, 1 Februari 2023 pukul 22.57.21 WIB.

Gempa tersebut dengan episentrum terletak pada koordinat 7.27 LS dan 107.73 BT, berlokasi di darat pada jarak 19 km Barat Daya Kabupaten Garut pada kedalaman 3 km. Gempa sendiri diakibatkan dari aktivitas Sesar Garsela.

Baca Juga: Gempa di Garut Terasa di Wilayah Garut Kota, Pasirwangi, Cisurupan, Bayongbong, dan Kecamatan Samarang

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi melalui siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Kamis 2 Februari 2023, mengatakan, untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan infrastruktur maupun permukiman, pihaknya langsung mengecek daerah terdampak gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela itu.

"Untuk kewilayahan sedang melakukan pengecekan oleh bapak ibu camat di kewilayahan. Mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang tidak diharapkan," ujarnya.

Dipaparkan dia, dengan memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrum, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.

Baca Juga: Korban Gempa Cianjur Bisa Kelola Lahan Pertanian

Satria menyampaikan gempa bumi cukup kuat dirasakan masyarakat di wilayah Garut Kota, Pasirwangi, Cisurupan, Bayongbong, dan Kecamatan Samarang.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x