BMKG Prediksi Jakarta dan Sejumlah Kota Bakal Dilanda Hujan Besar Pekan Depan

- 29 Januari 2023, 15:14 WIB
Ilustrasi banjir akibat hujan lebat.
Ilustrasi banjir akibat hujan lebat. /Foto : Portal Bandung Timur/hp siswanti/

BERITA SUBANG- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan lebat selama tiga hari ke depan.

Prakirawan Cuaca BMKG, Riefda Novikarany, mengatakan potensi hujan lebata di ibu kota diprediksi terjadi pada tanggal 29-31 Januari 2023.

"Untuk wilayah Jakarta secara umum, sejak tanggal 29 hingga tanggal 31 mendatang masih ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, di sekitar wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan kemudian sekitar wilayah Depok dan Bogor, serta wilayah Tangerang bagian Selatan,” kata Riefda Novikarany Minggu 29 Januari 2023.

 Baca Juga: Buku Panduan Ujian SIM Siap Edar Bulan Depan

Riefda mengatakan, cuaca ekstrem atau hujan yang memiliki intensitas lebih dari 150 mm per 24 jam, berpotensi terjadi di wilayah yang lebih luas di Indonesia.

Beberapa wilayah yang diprediksi dilanda cuaca ekstrem antara lain, seperti wilayah perairan barat Sumatera, Jawa tengah, Kalimatan, hingga wilayah Maluku dan Papua.

Menurut Riefda, ada beberapa faktor yang menyebabkan potensi hujan lebat yang meningkat di wilayah Indonesia. Khusus Jakarta, daerah ibu kota sudah berada di puncak musim hujan.

Baca Juga: Korban Gempa Cianjur Bisa Kelola Lahan Pertanian

"Termasuk di Jakarta yang masuk puncak musim penghujan. Jadi, periode Januari-Feburari adalah puncak musim penghujan, di mana potensi hujan-hujannya dalam periode-periode seperti ini intensitasnya lebih tinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya,” ucap Riefda.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x