Korban Gempa Cianjur Bisa Kelola Lahan Pertanian

- 29 Januari 2023, 14:49 WIB
Korban Gempa Cianjur Bisa Kelola Lahan Pertanian
Korban Gempa Cianjur Bisa Kelola Lahan Pertanian /Pixabay.com/ecoyou

BERITA SUBANG-Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memastikan warga korban gempa yang direlokasi dari sejumlah desa di tiga kecamatan seperti Pacet, Cugenang dan Cianjur, masih bisa menggarap lahan pertanian miliknya tanpa harus mengurus izin.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Senin 24 Januari 2023, mengatakan untuk 300-an lebih warga yang nantinya akan mengisi rumah relokasi tetap bisa kembali ke kampung asalnya untuk menggarap lahan pertanian, namun dengan catatan tidak mendirikan bangunan permanen di atasnya.

"Lahan pertanian tidak akan beralih fungsi kecuali di pusat gempa Cugenang seperti Sarampad dan Cijedil yang sudah tidak dapat ditanami. Meski pemiliknya direlokasi, mereka tetap bisa menggarap lahan pribadi miliknya tanpa harus meminta izin," katanya seperti dilansir Antara.

 Baca Juga: Prabowo Subianto Dukung Gibran Maju di Pilgub 2024

Sedangkan bagi warga yang direlokasi dari pusat gempa, akan mendapat pelatihan dan pembinaan dari dinas terkait untuk menjadi pelaku UMKM atau mengembangkan lahan di sekitar relokasi yang akan dijadikan lokasi pengembangan bibit tanaman.

Sehingga mereka yang biasa bertani, kata dia, akan tetap beraktivitas di lahan eks Tempat Pembuangan Sampah Akhir di Kecamatan Cilaku yang berdampingan dengan perumahan atau lokasi relokasi termasuk di Kecamatan Mande yang juga disediakan lahan pertanian dan peternakan.

"Tidak hanya menjadi pelaku usaha dan petani, plus-nya untuk mereka yang direlokasi akan mendapat pelatihan dan pembinaan sebagai peternak. Pemerintah akan membantu hewan ternak bagi mereka yang ingin beralih profesi menjadi peternak," kata Herman Suherman.

 Baca Juga: Soal Reshuffle Kabinet pada Rabu Pon, Ini kata Sekjen PDIP

Sementara warga di Desa Sarampad, berharap tidak masuk sebagai warga yang direlokasi karena selama puluhan tahun sudah tinggal di wilayah tersebut, bahkan sampai memiliki cucu, terlebih selama ini, mereka hidup dari hasil pertanian dan perkebunan.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x