Kemensos Bekali Ibu-ibu Penyintas Gempa Cianjur dengan Keterampilan Memasak

- 8 Desember 2022, 10:03 WIB
Penampakan ketika Kemensos membekali ibu-ibu penyintas gempa Cianjur dengan keterampilan memasak.
Penampakan ketika Kemensos membekali ibu-ibu penyintas gempa Cianjur dengan keterampilan memasak. /Dok. Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI/

BERITA SUBANG - Rempah aneka rupa bercampur santan kelapa dan daging sapi bertemu dalam kuali-kuali berukuran tak biasa. Bara api dari tungku membuat isi dalam kuali bergolak.

Bersama pecahnya gelembung kuah yang mendidih, aromanya menyeruak ke luar tenda para penyintas gempa Cianjur.

Hmmm… Kemanapun aroma ini pergi, bakal membuat isi perut meronta.

Di dalam tenda, sekelompok ibu-ibu dari Desa Sukamanah, Kecamatan Karangtengah, tampak sibuk dengan aktivitas memasak. Meracik bumbu, mengaduk santan. Memastikan setiap detail bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna.

“Hari ini, kami diajak, dilatih tim dari Kementerian Sosial bikin rendang daging khas Padang,” kata Yeti Susanti (40), salah seorang penyintas di lokasi pengungsian Desa Sukamanah, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Rabu, 7 Desember 2022.

Yeti mengatakan, hari ini menjadi hari pertama dia dan ibu-ibu sesama penyintas lainnya menerima pelatihan kewirausahaan kuliner dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Pelatihan kewirausahaan ini merupakan bagian dari Layanan Dukungan Psikososial (LDP) yang diberikan Kemensos kepada penyintas bencana.

Diakui Yeti, memasak daging rendang juga menjadi pengalaman pertama baginya. “Ini hari pertama. Menyenangkan sekali, kami bisa memasak bersama. Apalagi daging rendang, baru pertama juga saya masaknya,” kata ibu beranak empat ini.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan Kemensos, mampu membunuh waktu dan rasa jenuh yang sebelumnya hanya ia habiskan di dalam tenda. “Alhamdulillah, pelatihan dari Kemensos ini sangat bermanfaat bagi kami. Dengan aktivitas ini, kami tidak jenuh lagi di pengungsian,” kata dia.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x