Bongkar Kembali Kasus Kebakaran Kejagung Yang Pernah Ditangani Ferdy Sambo!, Ini Kata Pengamat Hukum

- 21 Agustus 2022, 20:23 WIB
Reruntuhan bangunan dampak Kebakaran Kejagung.
Reruntuhan bangunan dampak Kebakaran Kejagung. /Foto: Edward Panggabean/beritasubang.pikiran-rakyat.com/

BERITA SUBANG - Kasus kebakaran Kejaksaan Agung (Kejagung) yang pernah ditangani Ferdy Sambo akankah bisa dibongkar kembali, asal ada temuan baru. Pasalnya corak kasus yang ditangani sama tersangka Ferdy Sambo ketika menjabat di Bareskrim Mabes Polri nyaris sama, dengan dugaan skenario hilangnya CCTV.

Akankah CCTV tragedi Kebakaran Kejagung bisa didapat oleh kehebatan Polisi, seperti halnya ditemukannya CCTV dalam kasus Ferdy Sambo atas tragedi pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat tersebut.

Menurut Ahli Hukum Pidana dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jakarta, Beni Harmoni Harefa meski kasus kebakaran Kejagung para tersangka telah di putus pengadilan. Kendati demikian, kasus itu masih bisa dilakukan upaya hukum.

Baca Juga: Berkas Tahap I Tersangka Ferdy Sambo dkk Telah Ditangan Jaksa, Teringat Kasus Kebakaran Kejagung

"Namun tentunya harus ada dasar yang kuat novum (bukti baru) atau kekeliruan yang nyata yang dilakukan, ini menjadi dasar memeriksa kembali," ucapnya kepada beritasubang.pikiran-rakyat.com, Jakarta, 21 Agustus 2022.

Dikatakan dia Pasal 263 ayat 1 KUHAP bahwa terhadap putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, terpidana atau ahli warisnya dapat melakukan Peninjauan Kembali (PK) kepada Mahkamah Agung (MA)

"Pasal 263 ayat 2 PK dilakukan atas dasar terdapat keadaan baru, bertentangan satu dengan yang lain, putusan memperlihatkan kekhilafan hakim atau suatu kekeliruan yang nyata," tuturnya.

Kasus kebakaran gedung utama Kejagung sempat ditangani oleh Ferdy Sambo ketika masih menjabat sebagai Direktur Kriminal Umum Bareskrim Mabes Polri ketika peristiwa kebakaran Kejagung yang tejadi dua tahun lalu, tepatnya pada 22 Agustus 2020 silam.

Baca Juga: Deolipa Sebut Ferdy Sambo Psikopat Yang Ambisi Jadi Kapolri Hingga Incar Kursi Jokowi

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x