Kadiv Humas Polri Soal Permintaan Otopsi Ulang Brigadir J: Silahkan, Penyidik Terbuka untuk Libatkan Eksternal

- 20 Juli 2022, 04:16 WIB
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan pers
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan pers /Dok: PMJ News/Polri TV/

BERITA SUBANG - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengomentari desakan pihak keluarga Brigadir J, terkait otopsi ulang, yang dalam istilah forensik disebut ekshumasi, namun menyebut syarat bahwa hal tersebut harus dilakukan oleh pihak berwenang, dalam hal ini Kedokteran Forensik.

Diberitakan sebelumnya, Polri mengungkapkan bahwa Brigadir J, sopir dari istri Kadiv Propam Ferdy Sambo tewas dalam baku tembak di rumah jenderal polisi tersebut. Ia tewas setelah kalah dalam baku tembak dengan Brigadir Bharada E, dengan tujuh luka tembak.

"(Ekshumasi) dalam hal ini dilakukan kedokteran forensik dan melibatkan pihak ekternal, agar hasilnya sahih dan dapat dipertanggung jawabkan dari sisi keilmuan dan dari semua metode sesuai standar internasional," ungkap Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa 19 Juli 2022, seperti diberitakan oleh PMJ News di hari yang sama.

✅ Topik Khusus: Misteri Kematian Brigadir J

Dedi menjelaskan bahwa otopsi mayat atau ekshumasi itu memang ada standar internasionalnya dan prosesnya akan diaudit.

Hal itu disebabkan karena proses ekshumasi harus sesuai standar dan kode etik profesi.

Baca Juga:  Family of Indonesian Policeman Brigadier J Killed in Fatal Shooting Files Report Alleging Premeditated Murder

"Hasil koordinasi saya dengan dirtipidum, apabila pengacara mengajukan ekshumasi, dari penyidik terbuka. Ini sesuai dengan komitmen Bapak Kapolri bahwa hasil penyidikan ini akan seterbuka mungkin, setransparan mungkin," kata Irjen Pol Dedi.

"Dan tentunya proses penyidikan harus memenuhi kaidah-kaidah scientific crime investigation. Itu hal yang mutlak harus dilakukan," sambungnya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x