Presiden Layak Tunjuk Setia Untung Sebagai Menteri PAN RB, Hari Purwanto: Jaga Netralitas PNS Di Pemilu 2024

- 8 Juli 2022, 07:02 WIB
Kolase: Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto (kiri) dan Mantan Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi (kanan)
Kolase: Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto (kiri) dan Mantan Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi (kanan) /Foto: Tim SDR/

BERITA SUBANG - Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto menilai sejak kepergian Menteri Tjahyo Kumolo, Presiden Joko Widodo belum meletakkan Menteri PAN RB secara definitif, meski Presiden telah menunjuk ad interim Menteri PAN RB yakni Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Lalu siapa sosok yang tepat untuk mengisi kursi Menteri PAN RB penganti mendiang Tjahyo Kumolo tersebut. Kalau saya menilai adalah orang yang pernah duduk instansi dan menjiwai anotomi Aparatur Sipil Negara atau Pegawai Negeri Sipil dan pernah ikut menjalani program dari Kemenpan RB tersebut," ujar Hari Purwanto dalam keterangannya, Jakarta, Jumat 8 Juli 2022.

Menurutnya dia adalah mantan Wakil Jaksa Agung yakni Setia Untung Arimuladi. Karena Ia berhasil membawa Kejaksaan lebih baik dalam tata kelola di korps Adhyaksa. Salah satunya pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK WBBM).

Baca Juga: Setia Untung Ajak Calon Jaksa Bangun Kepercayaan Publik Terhadap Korps Adhyaksa di Tengah Kemajuan Teknologi

"Ada program Kemen PAN RB tentang pembangunan zona integritas menuju WBK WBBM untuk pelayanan di instansi pemerintahan, saya baca dari berbagai artikel media, Pak Untung ketika menjabat Kepala Badan Diklat Kejaksaan berhasil meraih predikat WBK tahun 2018 dan WBBM tahun 2019," tuturnya.

Dengan diraihnya WBK WBBM itu, kata dia saat Setia Untung terus berbenah dalam tata kelola kepegawaian di internal Badiklat, hingga akhirnya dia ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Wakil Jaksa Agung mendampingi Jaksa Agung Burhanuddin.

"Saat jadi Wakil Jaksa Agung program WBK WBBM terus disampaikan beliau agar diikuti oleh setiap unit kerja di lingkungan kejaksaan, dan itu sampai sekarang kegiatan itu tetap dilaksanakan karena program pemerintah pusat. Begitu berhasil meraih WBK WBBM, pelayanan kejaksaan semakin positif didepan masyarakat," tutur dia.

Baca Juga: Puji Pembangunan Zona Integritas WBK WBBM di Kejati Kalbar, Setia Untung: Masyarakat Melek Teknologi

Bahkan lanjut Hari keberhasilan Setia Untung Arimuladi meraih WBK WBBM, beberapa instansi Kementerian atau lembaga kerap melakukan studi tiru ke Badiklat Kejaksaan terkait program tersebut.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x