Air Berkah Dibawa ke Candi Borobudur Untuk Perayaan Waisak 16 Mei 2022

- 16 Mei 2022, 06:00 WIB
Prosesi pengambilan air berkah dari mata air alam Umbul Jumprit ini merupakan rangkaian dalam menyambut perayaan Tri Suci Waisak 2566 Tahun Buddhis.((Foto: Dok. Istimewa/kemenag.go.id)
Prosesi pengambilan air berkah dari mata air alam Umbul Jumprit ini merupakan rangkaian dalam menyambut perayaan Tri Suci Waisak 2566 Tahun Buddhis.((Foto: Dok. Istimewa/kemenag.go.id) /

 
BERITA SUBANG - Air Berkah Dibawa ke Candi Borobudur Untuk Perayaan Waisak. Sebelum Hari Raya Waisak, para biksu dari sejumlah sangha secara bergantian melaksanakan ritual pengambilan air berkah di Umbul Jumprit, Desa Tegalrejo, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Pada Minggu 15 Mei 2022, air berkah Waisak tersebut akan dibawa ke Candi Mendut untuk disakralkan.

Ketua II DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Jawa Tengah, yang juga Koordinator Waisak 2566 Buddhis Era (BE), Tanto Soegito Harsono di Temanggung mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 6.000 botol air berkah untuk perayaan Waisak 2566 Buddhis Era (BE) di Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Mobil Elf di Karawang, 7 Orang Meninggal Dunia, Lainnya Luka-luka

Nantinya pada Senin pagi 16 Mei 2022, air berkah Waisak akan dibawa ke Candi Borobudur bersama Api Dharma Waisak yang diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan yang telah disemayamkan di Candi Mendut sejak Sabtu sore 14 Mei 2022.

"Nanti air berkah bisa dimanfaatkan siapa saja dalam perayaan Waisak di Borobudur," katanya seperti  dikutip dari Antara.

Pada ritual pengambilan air berkah di Umbul Jumprit, dilakukan oleh para biksu dari sejumlah sangha secara bergantian.

Sebelumnya mereka melakukan puja bakti bersama umat Buddha di altar Umbul Jumprit.

Baca Juga: Cuaca Panas Terik Beberapa Hari Ini, Perbanyak Minum Air dan Jaga Stamina Tubuh

Bante Kamsai Sumano Mahathera mengatakan pengambilan air berkah dilakukan setiap tahun dalam rangkaian Tri Suci Waisak.

"Air itu sifatnya dingin, air itu sifatnya bersih, maka kehidupan sehari-hari menggunakan air. Tubuh banyak air sehingga bisa sehat, selamat," katanya usai melakukan ritual pengambilan air berkah di Umbul Jumprit.

Ia menyampaikan air berkah didoakan lebih dulu sehingga menjadi air bersih dalam tubuh.

"Air suci di sini juga didoakan supaya ini dukungan air bersih dalam tubuh dan juga Hari Waisak adalah hari suci. Jadi dua suci itu adalah alami dan Sang Buddha orang yang suci,” ungkapnya.

“Terdapat kesucian maka air dalam tubuh kita juga sehat, kalau air kebijaksanaan juga menjadi air suci," tutupnya. ***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x