Pengamat Politik : Pengaruh Rizieq Shihab Pudar Usai Ditinggalkan Prabowo dan Anies Baswedan

- 26 November 2021, 11:43 WIB
Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto dengan wakil Israel yang disebut sebagai pembuka jalan untuk kedua negara mencapai normalisasi hubungan.
Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto dengan wakil Israel yang disebut sebagai pembuka jalan untuk kedua negara mencapai normalisasi hubungan. /Instagram/@prabowo

 

BERITA SUBANG - Pengamat politik Zaki Mubarak menilai, pengaruh Habib Rizieq Shihab (HRS) kini memudar usai ditinggalkan sejumlah tokoh politik seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Zaki menilai beberapa tokoh yang semula berangkulan dengan Habib Rizieq kini mulai menjauh dan terkesan tak peduli dengan nasib HRS yang kini masih mendekam di penjara.

"Prabowo dan Anies yang dulu dekat, kesannya sekarang malah nggak mau tahu," ujar Zaki Rabu 24 November 2021.

Baca Juga: Viral, Video Bahar bin Smith Ancam dan Siap 'Habisi' Ulama yang Khianati Habib Rizieq Shihab

Diketahui pula bahwa beberapa tokoh yang namanya melejit dalam survei capres 2024 seperti Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo pun terlihat tidak antusias menggandeng mantan petinggi FPI tersebut.

Jadi, sebagai magnet politik pengaruh HRS memang sudah terlihat kendur atau memudar," ujarnya.

Zaki menarik kesimpulan bahwa situasi politik saat itu yang tidak normal menyebabkan FPI dan Habib Rizieq bisa memperoleh panggung dan dirangkul oleh tokoh politik.

"Saat itu Pak Prabowo juga memerlukan suara dari kalangan Islam yang tidak nyaman dengan Jokowi," kata dia.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x