Sejumlah Daerah di Indonesia Berpotensi Banjir, BMKG Catat Papua Masuk Kategori Menengah

- 8 Oktober 2021, 10:07 WIB
Kades Indra ngamuk hentikan paksa pekerja Lingkar Jalancagak dan tuntut kontraktor buatkan embung dan drainase, cegah banjir yang rugikan lingkugan dan masyarakat sesuai rekomendasi Amdal UKL-UPL
Kades Indra ngamuk hentikan paksa pekerja Lingkar Jalancagak dan tuntut kontraktor buatkan embung dan drainase, cegah banjir yang rugikan lingkugan dan masyarakat sesuai rekomendasi Amdal UKL-UPL /dok. Kanal YouTube Heri Susanto/

BERITA SUBANG: Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejumlah daerah di Indonesia berpotensi banjir di bulan Oktober ini. BMKG menghimbang kepada masyarakat yang tinggal di daerah berpotensi banjir agar meningkatkan kewaspadaan.

Cuaca ekstrim diprediksi akan melanda beberapa daerah di Indonesia pada bulan Oktober ini. BMKG menyebutkan pada dasarian I (10 hari pertama) Oktober 2021 beberapa daerah memiliki kategori tinggi potensi banjir. Daerah yang dimaksud diantaranya, Kabupaten Dogiyai, Mimika, Nabire, dan Paniai, Provinsi Papua.

Selain itu, BMKG juga menyampaikan ada beberapa daerah yang memiliki kategori menengah potensi banjir yaitu, Kabupaten Kapuas Hulu, Melawi, Sintang Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Timur, Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara.

Selanjutnya Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Mamasa, Mamuju, Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Deiyai, Dogiyai, Jayapura, Jayawijaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mimika, Nabire, Paniai, Yalimo, Provinsi Papua.

Baca Juga: Daftar Daerah dengan Status Siaga Banjir Bandang dari BMKG, Masyarakat Diimbau untuk Teta Waspada

Sementara dasarian II Oktober 2021, daerah yang memiliki kategori menengan potensi banjir diantaranya Kabupaten Deiyai, Dogiyai, Paniai, Jayapura, Jayawijaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mimika, Nabire, Paniai, Yalimo, Provinsi Papua.

Sepekan kedepan cuaca ekstrim akan melanda sebagian wilayah Indonesia di bagian barat dan tengah. Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A Fachri Radjab mengatakan kondisi atmosfer di wilayah tersebut masih cukup basah dan indikasi curah hujan tinggi mencapai 70 persen.

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x