Tingkatkan Pasokan Logistik Untuk Masyarakat Papua, Kabupaten Nduga Jadi Pintu Masuk Selatan Tol Laut

- 18 April 2021, 19:06 WIB
Tingkatkan pasokan logistik di tanah Papua, menjadikan Kabupaten Nduga pintu masuk selatan Tol Laut
Tingkatkan pasokan logistik di tanah Papua, menjadikan Kabupaten Nduga pintu masuk selatan Tol Laut /Doc. Humas Dirjen Perhubungan Laut/beritasubang.com

BERITA SUBANG - Tingkatkan pasokan logistik di tanah Papua, menjadikan Kabupaten Nduga pintu masuk selatan Tol Laut guna meningkatkan usaha-usaha jasa terkait di pelabuhan dalam ekosistem Tol Laut untuk wilayah Pengunungan Tengah (Lapago).

“Dari karakteristik kewilayahan pegunungan tengah, yang menjadi salah satu fokus penyelenggaraan Tol Laut adalah pelayanan distribusi logistik yang terjadwal dan teratur di Kabupaten Nduga,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Jayapura (KSOP Kelas II Jayapura), Taher Laitupa, dalam keterannganya, Jakarta, Minggu, 18 April 2021.

Baca Juga: Tol Laut, Kapal Logistik Nusantara 2 Angkut Produk Unggulan Merauke

Dikatakan dia penyelenggaraan Layanan Kewajiban Publik Angkutan Barang di Laut (Tol Laut) tahun 2021 terus berkembang dengan terobosan-terobosan baru yang mengkombinasikan elemen-elemen utama seperti kapal dan jaringan trayek dan pelabuhan.

"Termasuk elemen pendukung seperti optimalisasi jalur lintasan pada alur sungai dan danau di wilayah pesisir dan pegunungan, seperti halnya saat ini di Kabupaten Nduga, Papua," ujar dia.

Baca Juga: Mahfud MD Bilang Pemerintah Tetap Perpanjangan Dana Otsus Papua, Meski Ditengah Revisi UU Otsus

Ia mengatakan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, pada Kementerian Perhubungan sebagai penyelenggara program Tol Laut sebagai bagian implementasi Inpres Nomor 9 tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat yang salah satu Program Prioritas di Papua adalah pengembangan jaringan Tol Laut di wilayah-wilayah 3TP di seluruh wilayah Papua.

"KSOP Jayapura terus melakukan Monitoring dan Evaluasi penyelenggaraan Tol Laut pada Trayek T-26 yang telah melayani beberapa daerah yang masih terisolir di Provinsi Papua seperti di Pelabuhan Atsy Agats, Sawaerma, Mumugu dan Batas Batu Kabupaten Nduga," tutur dia.

Baca Juga: Masyarakat Papua Barat Nantikan Aksi Geisler AP Lawan Sonny Manakane Pada Pertandingan Tinju Profesional

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x