Yaqut Cholil Qoumas : Awal Puasa Ramadhan Jatuh Pada Selasa 13 April 2021

- 12 April 2021, 20:45 WIB
Digelar Hari ini, Berikut LINK LIVE STREAMING Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1442 H.*
Digelar Hari ini, Berikut LINK LIVE STREAMING Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1442 H.* /ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

BERITA SUBANG - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 13 April 2021. Keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal puasa di Kementerian Agama, Jakarta.

"Tanpa ada perbedaan dan bersepakat bahwa 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 13 April 2021 atau bertepatan dengan Hari Selasa besok pagi. Malam ini bisa Sahur, subuh makan sahur," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, Senin 12 April 2021.

Sebelumnya, direktur Urusan Agama Islam Agus Salim mengatakan, sidang isbat yang digelar secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) dibagi menjadi tiga tahap.

Baca Juga: 'Munggahan' Bulan Ramadhan di Inggris

Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

"Tahap kedua, sidang isbat awal Ramadhan yang akan digelar setelah Salat Magrib. Tahap ini digelar secara tertutup," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Senin 14 April 2021.

Di tahap ketiga, jumpa pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI, RRI, dan Medsos Kemenag. Dia menambahkan, jumpa pers ini akan disiarkan daring dengan alasan mencegah kerumunan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Rumah Makan Ngeyel Tetap Buka di Bulan Suci Ramadhan, GP Ansor Subang: Jangan Main Hakim Sendiri

masBaca Juga: Ini Persyaratan Bagi Masjid yang Ingin Laksanakan Shalat Tarawih

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x