Tarif Tol Naik, KKI David Tobing Gugat Pengelola Tol ke BPKN

- 9 Maret 2021, 11:59 WIB
Setelah sempat ditunda karena pandemi, tarif tol naik mulai 17 Januari
Setelah sempat ditunda karena pandemi, tarif tol naik mulai 17 Januari /PUPR/

BERITA SUBANG - Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) melaporkan para pengelola jalan tol diadukan ke Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Republik Indonesia menyusul dinaikkannya tarif tol namun pelayanan di jalan tol tidak maksimal.

"Banyak aduan konsumen pengguna jalan tol ke KKI terkait pelayanan di jalan tol yang tidak maksimal sehingga untuk rencana kenaikan tarif tol mendesak harus dibatalkan. Mengingat beberapa pekan lalu banjir di jalan tol dan banyak jalan rusak," ujar Ketua KKI David Tobing, di Jakarta, Selasa, 9 Maret 2021.

Baca Juga: Wow, Tarif Tol Tanjung Priok dan Pondok Aren Ulujami Bakal Naik

Hal itu kata dia, dari banyaknya aduan konsumen pengguna jalan tol ke KKI terkait pelayanan di jalan tol yang tidak maksimal sehingga untuk rencana kenaikan tarif tol mendesak harus dibatalkan.

Sebelumnya pernyataan rencana kenaikan tol telah diungkapkan oleh Kepala BPJT Danang Parikesit pada 2 Maret 2021 lalu menyebutkan ada 31 ruas jalan tol tarifnya bakal naik yang dibagi empat klaster. Klaster pertama Januari-Maret, kedua April-Juni, ketiga Juli-Agustus, dan keempat Septembsr -Desember.

Pernyataan itu sangat disesalkan oleh David, ditengah belum maksimalnya pelayanan tersebut.

Baca Juga: Ini, Titik Genangan di Jalan Tol yang Harus Dihindari

"Ini sangat disesalkan dalam kondisi pelayanan tol tidak maksimal dari sisi keselamatan maupun konstruksi jalan tol masa tarif tol tetap dinaikan, malah seharusnya di beberapa ruas jalan tol tarif diturunkan dan digratiskan mengingat pengelola sudah untung," ujarnya.

Lanjut dia, adapun pelayanan tol yang tidak maksimal menurut pengguna jalan tol yang mengadu ke KKI, pertama dari sisi keselamatan dan kenyamanan di jalan tol yang sangat minim misalnya dalam kasus banjir, drainase air yang tidak lancar dan pompa untuk membuang air tidak tersedia bahkan jalan tol dijadikan tempat menampung air dari jalan umum.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x