Analisa BMKG Gempa Susulan di Majene Masih Akan Terjadi, Ini Catatan Sejarahnya

- 15 Januari 2021, 23:43 WIB
BMKG
BMKG /Foto: Tangkap layar BMKG/

 

BERITA SUBANG-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada, diperkirakan akan terjadi gempa susulan seperti lazimnya pasca gempa yang pernah terjadi beberapa tahun silam di Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).

Sebelumnya gempa berkekuatan Magnitudo 6,2 yang berjarak 6 km arah Timur Laut Majene, Sulbar, dengan kedalaman 10 km terjadi pada Jumat, 15 Januari 2021, pukul 02.28 Wita dini hari tadi.

Karennya BNPB menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan gempa susulan yang kekuatannya signifikan.

BACA Juga: Analisa BMKG Akan Ada Gempa Susulan Hingga M 7,0 di Laut Majene, Warga Diminta Waspada

"Selain itu, gempa susulan signifikan juga dapat memicu adanya longsoran landslide dan runtuhan batu rockfall, sehingga masyarakat di kawasan perbukitan dengan tebing curam agar perlu waspada," dalam keterangan BMKG yang dirilis BNPB kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 15 Januari 2021.

Dalam analisa BMKG, belajar dari sejarah bahwa pesisir Majene pernah dilanda gelombang tsunami yang dipicu adanya gempabumi seperti pada tahun 1969, maka masyarakat khususnya yang berada di wilayah pantai atau pesisir agar waspada.

"Apabila merasakan gempabumi kuat agar segera menjauhi pantai," imbuhnya.

BACA Juga: Puluhan Orang Tewas Dampak Gempa M6,2 di Sulawesi Barat

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x