Kronologis Anies Baswedan Terpapar Covid-19, Bukan Karena Kunjungan ke Rumah Habib Rizieq

- 1 Desember 2020, 12:21 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan kepada wartawan saat tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat yang menimbulkan kerumunan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan kepada wartawan saat tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat yang menimbulkan kerumunan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww. /Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO



BERITA SUBANG - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkonfirmasi dirinya positif Covid-19, Selasa 1 Desember 2020.

Gubernur Anies menyampaikan, dirinya dinyatakan positif COVID-19 berdasar hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa, 1 Desember 2020 dini hari

Baca Juga: Gubernur Anies Baswedan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pada Senin 30 November 2020 siang, Gubernur Anies memang telah melaksanakan tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta.

Sebelumnya, pada Rabu, 25 November 2020 Anies juga telah melakukan tes usap PCR rutin dan saat itu hasilnya juga negatif.

Baca Juga: Pesan Menyentuh Anies Baswedan ke ASN DKI: Bekerja Giat dan Jangan Sampai Layanan Publik Terganggu

Lalu, setelah usai Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan positif COVID-19 pada Minggu 29 November 2020, Gubernur Anies juga sempat melakukan tes usap antigen dan hasilnya negatif.

Memang beberapa hari sebelumnya, Gubernur Anies intens bertemu dengan Wakil Gubernur Ariza untuk rapat berdua.

Dengan demikian, Anies Baswedan terpapar Covid-19 setelah interaksi yang cukup intensif dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Baca Juga: Ngeri, Wisma Atlet Kebanjiran Pasien Covid-19 Akibat Lonjakan Kasus Nasional

Gubernur Anies menyebut, saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala.

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujarnya Selasa 1 Desember 2020 pagi.

Saat ini, lanjut Anies, seluruh kontak erat, baik keluarga maupun staf yang ada di kantor, telah dilakukan tes usap PCR.

Baca Juga: Antipasi Lonjakan Covid-19, LBP Larang Kerumunan dengan Alasan Apapun

“Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi,” ujarnya.

Dia juga berharap, agar semua orang yang pernah berinteraksi selama beberapa hari terakhir, untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR.

Baca Juga: Said Didu Sindir Prabowo: Ngomong Mau Tanam Padi, Jadinya Singkong, Panennya Ekspor Benur

“Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test. Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan,” tambahnya.***

Editor: Sunardi Panjaitan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x