Presiden Tunjuk Menko Luhut Gantikan Menteri Edhy Prabowo Yang Tersandung Korupsi Benih Lobster

- 26 November 2020, 15:29 WIB
Edhy Prabowo terlihat sedang berbicara dengan Anak Buah Kapal pada waktu kunjungannya ke Amerika Serikat
Edhy Prabowo terlihat sedang berbicara dengan Anak Buah Kapal pada waktu kunjungannya ke Amerika Serikat /@edhy.prabowo.01/

BERITA SUBANG-Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ad interim.

Penunjukan Luhut berdasarkan surat yang diteken Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Rabu kemarin. Edhy Prabowo diberhentikan sebagai Menteri lantaran tengah diproses oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait status tersangka dugaan korupsi izin ekspor benih lobster.

"Menko Luhut telah menerima surat dari Mensesneg yang menyampaikan bahwa berkaitan dengan proses pemeriksaan oleh KPK terhadap Menteri KP, maka Presiden menunjuk Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri KP ad interim," kata Jodi Mahardi, selaku juru bicara Menko Maritim dan Investasi, Kamis, 26 November 2020.

Baca: KPK Soal Kasus Edhy Prabowo Pejaba Publik Saat Dilantik Telah Bersumpah Dihadapan Tuhan YME

Terpisah, Edhy Prabowo mengaku akan bertanggung jawab dan dirinya pun mengundurkan sebagai Menteri dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, setelah statusnya sebagai tersangka.

"Saya akan mengundurkan diri sebagai wakil Ketua Umum (Partai Gerindra) dan juga nanti akan mengundurkan diri untuk tidak menjabat sebagai menteri, saya yakin prosesnya sudah berjalan," tutur Edhy di KPK.

"Saya akan bertanggung jawab penuh saya akan hadapi dengan jiwa besar," sambung Edhy seperti dikutip Antara.

Baca: Menteri KKP Edhy Prabowo Di Tangka KPK Berapa sih Harta Kekayaannya

Adapun penyidik KPK menangkap Edhy Prabowo bersama 17 orang lainnya saat berada di Bandara Soekarno Hatta sepulangnya dari kunjungan kerja dari Honololo, Amerika Serikat. Namun, sebelumnya penyidik menyisir beberapa tempat yakni Jakarta Selatan, Tangerang, Depok dan Bekasi.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x