Kabar Gembira! Kemendikbud Buka Lowongan Guru Honorer Ikut Seleksi PPPK 2021

- 24 November 2020, 15:28 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Anwar Makarim.*
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Anwar Makarim.* /Antara Foto/Reno Esnir./

BERITA SUBANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka kesempatan bagi guru honorer untuk mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

Hal itu diumumkan langsung oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam konferensi pers virtual yang disiarkan melalui akun resmi Youtube Kemendikbud, Senin, 23 November 2020.

Dalam keterangannya, Mendikbud Nadiem Makarim menyebut, seleksi ini terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar. Termasuk guru tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2).

Baca Juga: Siap-siap! Pemerintah Bakal Buka 1 Juta Lowongan untuk Guru dan Tenaga Kesehatan di CPNS 2021

“Seleksi ini dibuka, karena berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud memperkirakan bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru, di luar guru PNS yang saat ini mengajar,” ujar Nadiem dalam keterangannya dikutip dari Akun Youtube Kemendikbud, Selasa, 24 November 2020.

Nadiem mengatakan, seleksi guru PPPK 2021 merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru honorer untuk mendapatkan penghasilan yang layak.

“Rencana seleksi ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta didik adalah melalui peningkatan ketersediaan guru ASN dengan melakukan seleksi guru PPPK,” imbuh Mendikbud.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang juga hadir dalam pengumuman tersebut mengatakan, mengatakan pemerintah menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul sebagai prioritas nasional.

Baca Juga: Benarkah Seleksi CPNS Baru Buka Tahun 2023? Begini Penjelasan Menpan-RB

Halaman:

Editor: Sunardi Panjaitan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x