Masyarakat Wajib Jaga Kesehatan, Biaya Perawatan Covid-19 Tembus Rp 446 Juta Per Orang

- 17 November 2020, 08:47 WIB
Ilustrasi Perawatan Pasien Covid-19
Ilustrasi Perawatan Pasien Covid-19 /

BERITA SUBANG – Masyarakat diminta untuk menaati protokol Kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebagai upaya pencegahan Covid-19. Hal ini penting karena selain risiko tertular tinggi, biaya yang harus dikeluarkan dan sebagian besar ditanggung pemerintah bisa mencapai ratusan juta per orang.

Survei yang dilakukan Guru Besar dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Prof dr Hasbullah Thabrany, MPH mengungkapkan kisaran biaya perawatan satu orang pasien Covid-19 di sembilan provinsi bisa mencapai kisaran Rp 2,4 juta hingga Rp 446 juta.

"Dari kajian survei yang saya lakukan di sembilan provinsi, biaya tertinggi Rp 446 juta," kata dia pada diskusi daring dengan tema "Perhitungan Rugi-Rugi Kena Penyakit" Jakarta, Senin (16/11/2020).

Jika dirata-ratakan, biaya pengobatan atau penyembuhan satu orang pasien Covid-19 bisa menghabiskan sekitar Rp 184 juta dengan masa perawatan selama 16 hari. Rata-rata pasien dirawat selama 15,4 hari.

Bahkan, dari ribuan kasus yang diteliti, ada pasien yang dirawat hingga 194 hari. Rata-rata klaim perawatan hingga Rp 184 juta.

Baca Juga: Konsumsi Alpukat Bisa Cegah Diabetes

Hanya saja, besaran jumlah biaya perawatan pasien Covid-19 tergantung pada kondisi saat terinfeksi serta ada atau tidaknya penyakit penyerta yang bisa menambah beban biaya pengobatan.

Di lain sisi, Prof Hasbullah mencermati, banyak juga masyarakat yang salah mengartikan. Ketika terjangkit virus corona, mereka merasa aman-aman saja karena beban biaya perawatan akan ditanggung oleh negara.

"Banyak orang tidak paham, kalau dia sakit memang ditanggung negara. Tapi biaya itu diambil dari APBN yang merupakan uang rakyat juga," ujar dia.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x