Mau Dirikan Tempat Penitipan Anak? Begini Saran dari Tim Vokasi UI

- 17 November 2020, 08:05 WIB
Tim Vokasi UI melatih kader Posyandu Depok untuk mendirikan daycare
Tim Vokasi UI melatih kader Posyandu Depok untuk mendirikan daycare /Dok Vokasi UI/

BERITA SUBANG - Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menggelar pelatihan pembentukan tempat pengasuhan anak atau daycare berbasis masyarakat bagi kader posyandu di wilayah Beji, Kota Depok.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring sejak 27 Oktober 2020 tersebut dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan daycare yang tinggi namun keberadaannya masih terbatas dan biaya operasionalnya masih terhitung tinggi.

Ketua Pengmas Pendidikan Vokasi UI, Nia Murniati mengatakan kegiatan ini dilakukan oleh tiga orang dosen dan lima mahasiswa.

Baca Juga: Mandi Air Dingin Bisa Perbaiki Suasana Hati

"Pengabdian masyarakat inu ditujukan untuk memberikan gambaran dan panduan praktis mendirikan dan mengelola daycare yang terjangkau tapi tetap berkualitas," kata Nia Murniati dalam keterangan tertulis, Senin, 15 November 2020.

Nia, menjelaskan alasan kelompoknya memilih kader Posyandu menjadi sasaran karena kader posyandu merupakan ujung tombak layanan kesehatan pada masyarakat.

Menurutnya, kader Posyandu harus diberikan pembekalan terlebih dahulu, baik itu bekal pengetahuan kesehatan dan bekal untuk membaca tingkat persaingan sebelum mendirikan tempat penitipan anak.

Baca Juga: Konsumsi Alpukat Bisa Cegah Diabetes

"Sebelum benar-benar mendirikan tempat penitipan anak, kader Posyandu harus melakukan survei terlebih dulu untuk mengetahui apa kebutuhan bagi para ibu bekerja yang menitipkan anaknya ke daycare, bagaimana akses mereka, tingkat persaingan, hingga penentuan biaya sehingga dapat terjangkau bagi masyarakat sekitar,” ujar Nia.

Halaman:

Editor: Sunardi Panjaitan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x