Mengenal 8 Penyakit Tidak Menular PTM yang Berbahaya di Indonesia

- 20 Juni 2022, 13:08 WIB
Ilustrasi. Penyakit Tidak Menular, Tekanan darah tinggi bisa menjadi salah satu pemicu penyakit stroke dan jantung./foto: tangkapan layar/youtube/sb30 health
Ilustrasi. Penyakit Tidak Menular, Tekanan darah tinggi bisa menjadi salah satu pemicu penyakit stroke dan jantung./foto: tangkapan layar/youtube/sb30 health /


BERITA SUBANG - Kebiasaan hidup sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat. Menjalani pola hidup yang sehat akan mengurangi resiko terkena  penyakit.

Simak 8 Penyakit Tidak Menular namun berbahaya bagi masyarakat di Indonesia.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Penyakit tidak menular merupakan penyebab kematian terbanyak di Indonesia maupun di dunia.

Berikut 8 penyakit tidak menular yang rentan dialami oleh masyarakat:

1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi di atas 140/90. Apabila tekanan darah tidak diobati, seiring waktu dapat menyebabkan masalah seperti penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Berapa Nomor BPJS Anda, Ini Cara Cek nya

2. Stroke

Stroke adalah penyakit tidak menular yaitu saat aliran darah di pembuluh darah otak tersumbat oleh plak kolesterol maupun oleh gumpalan darah.

3. Jantung

Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Biasanya gejala sakit jantung adalah nyeri dada, sesak napas, pingsan, lemas, dan ada pembekakan di tungkai.

4. Diabetes Melitus

Diabetes Melitus atau penyakit kencing manis, adalah suatu kondisi dimana terlalu banyak kadar gula dalam darah (glukosa darah tinggi).

5. Kanker

Penyakit kanker adalah kondisi yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal tak terkendali dan meyebar ke area sekitarnya. Penyakit kanker ada beberapa jenis seperti: kanker payudara, kanker prostat, kanker darah, kanker paru-paru, dll.

6. ASMA

Baca Juga: Atasi Batuk Dengan Kencur, Berikut 5 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Asma merupakan salah satu penyakit tidak menular yang mendominasi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan merokok yang sulit dihentikan, lingkungan udara yang tercemar, dan pemukiman yang padat penduduk tanpa sirkulasi udara yang baik.

7. Sendi / Rematik

Penyakit sendi atau rematik merupakan penyakit autoimun dimana ketika sistem imun pada seseorang meyerang sel-sel tubuhnya sendiri.

8. Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal adalah kondisi ketika fungsi ginjal membuang racun menurun secara bertahap akibat kerusakan jaringan ginjal.

Demikian 8 Penyakit Tidak Menular atau PTM yang Berbahaya di Indonesia. Salam sehat dan semoga bermanfaat.***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x