Ini Penyebab Lidah Hitam dan Berbulu

- 15 Maret 2022, 04:45 WIB
4 Bahan Alami Ini Mampu Hilangkan Bau Mulut
4 Bahan Alami Ini Mampu Hilangkan Bau Mulut /Pixabay/Tumisu

BERITA SUBANG - Lidah berubah warna menjadi hitam dan berbulu, tentunya kondisi ini menyebabkan Anda tidak nyaman dan malu untuk membuka mulut atau pun tertawa lebar.

Dalam istilah medis, lidah berbulu dan menghitam disebut lingua villosa nigra. Kondisi ini meski tidak berbahaya tapi dapat menyebabkan orang yang mengalaminya jadi tidak percaya diri dengan penampilannya.

Sebenarnya apa penyebab lidah menghitam dan berbulu? Menurut laman Dailymail, dikutip Selasa 15 Maret 2022, orang yang mengalami lidah berbulu sebenarnya tidak benar-benar memiliki bulu pada lidahnya. Bulu yang dimaksud adalah tonjolan kecil di permukaan lidah.

Baca Juga: 4 Manfaat Jagung Ungu Untuk Kesehatan, Salah Satunya Antikanker

Tonjolan ini mengalami perubahan warna dan ukuran. Jadi seakan-akan terlihat seperti ada bulu yang tumbuh di atas permukaan lidah dan dapat mencapai 18 milimeter.

Penyebab lidah berbulu karena terjadi penumpukan keratin dan sel kulit mati pada papila filiform. Adanya sisa makanan dan bakteri yang menumpuk sehingga meninggalkan nodal dan dapat berubah warna menjadi gelap.

Sebenarnya, tidak diketahui dengan pasti penyebab lidah berbulu, tetapi ada beberapa faktor yang membuat kondisi ini muncul. Salah satunya adalah diet makanan lunak.

Baca Juga: Kopi Hitam Ternyata Bisa Mendeteksi Santet Tanpa Mantra Khusus, Begini Caranya

Diet ini membuat orang yang melakukannya tidak mendapat cukup rangsangan pada papila sehingga lama kelamaan saraf kehilangan kemampuannya. Selain itu juga disebabkan karena kebersihan rongga mulut yang kurang terjadi.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x