Pakar Sarankan Konsumsi Ini Untuk Jaga Kesehatan Ginjal

- 10 Maret 2022, 21:47 WIB
Ilustrasi Kubis: Inilah daftar 6 manfaat sayur kubis bagi kesehatan yang jarang diketahui orang dan ternyata cocok untuk makanan pendukung diet rendah kalori
Ilustrasi Kubis: Inilah daftar 6 manfaat sayur kubis bagi kesehatan yang jarang diketahui orang dan ternyata cocok untuk makanan pendukung diet rendah kalori //Pexels.com/freestocks.org

BERITA SUBANG - Merawat ginjal membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh. Selain harus mengonsumsi makanan sehat yang bebas natrium dan garam, juga wajib menyingkirkan makanan cepat saji agar kesehatan ginjal dapat terjaga.

Jika Anda tengah menjalani perawatan untuk penyakit ginjal, sebaiknya mengonsumsi makanan yang diolah sendiri serta asupan air yang teratur dan konsisten untuk meningkatkan kesehatan ginjal.

"Ada hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Mulailah dengan asupan air yang teratur dan konsisten untuk meningkatkan fungsi ginjal. Ini membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal dan menurunkan risiko penyakit ginjal kronis," urai Luke Coutinho, Ahli Kesehatan dan salah satu pendiri You Care Lifestyle, dilansir dari laman Hindustan Times, Kamis 10 Maret 2022.

Baca Juga: Ibu Satu Anak tawarkan Ginjal untuk Bayar Utang ke Rentenir

Para ahli menganjurkan untuk minum sesuai kebutuhan kesehatan dan gaya hidup. Karena kekurangan dan kelebihan cairan juga dapat memperburuk kesehatan ginjal.

Sementara Ilmuwan Kebugaran dan Nutrisi, Dr Siddhant Bhargava menyarankan agar lebih fokus mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan susu rendah lemak serta daging tanpa lemak. Sebaiknya mengurangi asupan protein agar ginjal terjaga kesehatannya.

Kedua pakar ini menganjurkan enam makanan terbaik untuk kesehatan ginjal Anda:

1. Kubis

Sayur kubis merupakan sumber vitamin K, C, B6 dan rendah sodium. Kubis juga mengandung serat dan asam folat serta memiliki banyak fitokimia yang membantu dan menjaga ginjal agar tetap sehat serta mendorong kesehatan kardiovaskular.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x