4 Manfaat Jagung Ungu Untuk Kesehatan, Salah Satunya Antikanker

- 4 November 2021, 14:39 WIB
Ilustrasi rambut jagung dapat sembuhkan darah tinggi
Ilustrasi rambut jagung dapat sembuhkan darah tinggi /Pixabay

BERITA SUBANG - Jagung ungu tak hanya memiliki warna cantik yang indah dipandang, tetapi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Warna ungu pada jagung ini karena kandungan antosianin yang tinggi, yaitu zat dengan sifat antioksidan, antivirus, anti peradangan, dan juga anti kanker.

Jagung ungu merupakan jenis jagung yang berasal dari Peru, Amerika Selatan, dan telah banyak dibudidayakan di berbagai negara. Pigmen ungu pada biji jagung ini mengandung antosianin yang diketahui dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Kandungan nutrisi dalam jagung ungu dan jagung kuning tidak jauh berbeda. Kandungan itu meliputi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta kaya akan antioksidan dan flavonoid.

Baca Juga: Manfaat Kelengkeng Bagi Kesehatan, Tingkatkan Imun Tubuh hingga Bantu Pencernaan

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, rasa jagung ungu juga dinilai lebih enak daripada jagung kuning dan dapat menjadi alternatif pewarna makanan.

Tak hanya kaya akan antosianin, jagung ungu juga mengandung beragam senyawa fenolik, seperti asam kafeat, asam vanilat, luteolin, dan quercetin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini 5 manfaat jagung ungu yang dapat kita peroleh saat mengkonsumsi jagung ungu:

1. Menurunkan resistensi insulin

Resistensi insulin merupakan kondisi dimana sel-sel tubuh tidak dapat merespons insulin, sehingga tidak mampu memecah glukosa. Kondisi ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan dapat memicu diabetes tipe 2.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x