Lereng Merapi Rusak, Kawanan Kera Ekor Panjang Jarah Kios Warga Cari Makan

- 3 Maret 2021, 08:54 WIB
ILUSTRASI Kera ekor panjang yang jarah kios warga di Merapi
ILUSTRASI Kera ekor panjang yang jarah kios warga di Merapi /Antara Foto/

 

 

BERITA SUBANG - Kawanan kera ekor panjang turun dari lereng Merapi dan menjarah barang dagangan di kios-kios warga yang berada dekat kawasan wisata tersebut.

Kerusakan lereng Merapi yang menjadi habibat dan tempat mencari makan kera selama ini diduga jadi penyebab kawanan kera ekor panjang itu menjarah permukiman warga.

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas,  Permaisuri Raja Keraton Sri Sultan Hamengku Buwono X  yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengatakan, kerusakan pohon yang menjadi sumber makanan di Bukit Plawangan jadi penyebab kawanan kera ekor panjang tersebut menjarah di permukiman warga.

“Kami bersama Badan Lingkungan Hidup DIY segera melakukan kajian mengenai penanaman beberapa jenis tanaman yang menghasilkan pakan bagi  kera-kera tersebut,” kata Hemas melakukan kunjungan kerja dalam rangka reses di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY, Selasa 2 Maret 2021.

GKR Hemas mengatakan, penanganan kawanan kera yang kini dianggap sebagai hama tersebut perlu dilakukan secara hati-hati. Pertimbangan ekologis dengan tetap menjaga kelestarian kawasan hutan Merapi harus jadi prioritas.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Komunitas Internasional Perlu Lipatgandakan Pendanaan untuk Perubahan Iklim di RI

"Merapi itu pastinya punya fungsi ekologis, namun saat ini banyak pohon-pohon yang rusak, sehingga sumber pakan terganggu. Ini perlu diperbaiki agar kawanan kera tidak menjarah permukiman warga," ujar GKR Hemas.

Dukungan untuk segera menanam pohon tertentu yang bisa dijadikan pakan bagi kera juga disampaikan perwakilan Badan Lingkungan Hidup DIY, Wawan Setyo.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x