Kisah Nabi Isa dalam Al Qur'an, Dikenal Sebagai Ulul 'Azmi, Ia Memiliki Keistemewaan yang Agung

- 22 November 2022, 13:47 WIB
Ilustrasi kitab suci Alquran*/
Ilustrasi kitab suci Alquran*/ /Iwan Rahmansyah

BERITA SUBANG - Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang diberi kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT. Ia dikenal agung di antara para nabi yang dikenal sebagai ulul ‘azmi. Allah subhanahu wa ta‘ala mengkhususkan Nabi Isa AS dengan keistimewaan yang agung, yakni Allah menciptakannya tanpa seorang bapak.

Kisahnya pun banyak disebutkan dalam Al Qur’an, yang selengkapnya dapat kita simak sebagai berikut.

Keistimewaan Nabi Isa ‘alaihissalam yang dianugerahi Allah subhanahu wa ta‘ala lahir tanpa adanya sosok seorang ayah tidaklah sulit bagi Allah. Bahkan, bukankah Allah telah menciptakan Nabi Adam ‘Alaihissalam tanpa bapak dan ibu? Allah ta‘ala berfirman:

إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِنْدَ اللهِ كَمَثَلِ آدَمَ خَلَقَهُ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

“Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa bagi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah memunculkannya dengan mudah dan tanpa lelah. ” (QS Ali ‘Imran: 59).

Ibunda Nabi Isa, yaitu Sayyidah Maryam ‘alaihaassalam sendiri adalah perempuan yang mulia. Allah menyifatinya dalam Al Qur’an dengan gelar ash-shiddiqah. Maryam tumbuh besar dalam kesucian dan jauh dari maksiat.

Ia terdidik dalam kondisi bertakwa kepada Allah, melaksanakan semua kewajiban, menjauhi semua perkara haram, dan memperbanyak amalan-amalan sunah.

Para malaikat memberikannya kabar gembira bahwa Allah subhanahu wa ta‘ala memilihnya di antara seluruh perempuan yang ada, dan Allah menyucikannya dari segala perbuatan kotor dan hina. Allah ta‘ala berfirman:

وَإِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللهَ اصْطَفَاكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفَاكِ عَلَىٰ نِسَاءِ الْعَالَمِينَ.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x