Renungan Harian Katolik 3 Agustus 2022: Pelayanan Tak Terbatas

- 3 Agustus 2022, 05:36 WIB
Renungan Harian Katolik dan Doa Hari Ini
Renungan Harian Katolik dan Doa Hari Ini /Pexels.com/MART PRODUCTION


BERITA SUBANG - Renungan Harian Katolik 3 Agustus 2022 beserta doa harian Katolik.

Bacaan pertama pada Renungan Harian Katolik 3 Agustus 2022 terambil dari Yer 31: 1-7

Mazmur Tanggapan pada Renungan Harian Katolik 3 Agustus 2022 yaitu Yer 31: 10, 11-12ab, 13

Bacaan Injil pada Renungan Harian Katolik 3 Agustus 2022 yaitu Mat 15: 21-28

Berikut Renungan Harian Katolik 3 Agustus 2022:

Baca Juga: Renungan Harian Katolik 2 Agustus 2022: Jalan Keluar yang Bijak

Baca Juga: Mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin Bebas Bersyarat dari Kurungan Lapas Sukamiskin, Kena Wajib Lapor ke BP Bogor

Seorang perempuan Kanaan datang kepada Yesus dan berseru: "Kasihani aku ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita".

Namun Yesus tidak memberi tanggapan, justru berkata kepada perempuan Kanaan itu bahwa Ia diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Tapi perempuan itu mendekat dan menyembah Yesus dan berkata: "Tuhan, tolonglah aku".

Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing". Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya".

Yesus tidak bermaksud kasar, namun melontarkan kata-kata untuk maksud agar ditanggapi secara spontan. Anjing pada kalimat ini aslinya bahasa Yunani, artinya anjing kecil atau anjing piaraan, bukan anjing secara umum.

Sehingga maksud ucapan itu adalah untuk menunjukkan prioritas pada anak-anak dahulu, baru ke anjing piaraan tersebut. Jadi kalimat ini tidak bermaksud melecehkan. Hanya menunjukkan urutan memberi makan.

Yeus mengutamakan perhatian kepada bangsa Israel, baru keselamatan itu ditujukan juga kepada bangsa-bangsa lain (Mat 10:6).

Walaupun fokus utamanya bangsa Israel, namun Yesus tidak membatasi pelayananNya. Yesus mengarahkan perhatian dan karya keselamatan-Nya kepada bangsa-bangsa lain. Contohnya pada mukjizat menyembuhkan hamba seorang perwira di Kapernaum (Luk 7: 1-10), pembicaraan Yesus dengan perempuan Samaria (Yoh 4), dan pesan terakhirNya sebelum naik ke surga kepada murid-muridNya agar mereka menyebarkan Injil kepada semua bangsa (Mat 28: 19-20).

Doa renungan harian Katolik hari ini:

Ya Allah Bapa yang arif dan bijaksana, Santo Dominikus dengan warta kebenarannya telah menyelamatkan umatMu pada masa lalu. Semoga kini ia tetap menolong gerejaMu denga jasa dan doanya serta menjadi pelindung kami yang setia.

Dengan perantaraan Yesus Kristus, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.

Dapatkan berita terkini, informasi terbaru dan kabar terkini dari BeritaSubang.com melalui Google News.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x