Jangan Sekali-kali Ganggu Seorang Ibu, 7 Ayat Al-Quran ini Perintahkan Kita Berbakti Pada

- 2 Desember 2020, 09:10 WIB
Ilustrasi foto Menko Polhukam Mahfud MD (kiri). Foto diambil saat Mahfud memberi pidato saat menghadiri Serasehan Ulama dan Tokoh Masyarakat di Pondok Pesantren Annuqayah, Sumenep, Jawa Timur, Minggu, 4 November 2020.
Ilustrasi foto Menko Polhukam Mahfud MD (kiri). Foto diambil saat Mahfud memberi pidato saat menghadiri Serasehan Ulama dan Tokoh Masyarakat di Pondok Pesantren Annuqayah, Sumenep, Jawa Timur, Minggu, 4 November 2020. /Antara Foto/Saiful Bahri



BERITA SUBANG - Sekolompok massa pendukung Habib Rizieq Shihab menggeruduk kediaman Menkopolhukam Mahfud MD di Pemekasan Madura, Selasa 1 Desember 2020 kemarin. 

Di dalam rumah tersebut, tinggal ibunda Mahfud MD yang sudah berusia 90 tahun bersama dengan saudara dan pembantunya.

Baca Juga: Mahfud MD Geram Ibunya Diganggu, Ini 6 Hadits yang Menjelaskan Bakti Anak kepada Ibu

Demo salah sasaran tersebut pun membuat Mahfud MD berang. Dia tidak terima massa menggruduk rumahnya dan menganggung Ibunya.

"Saya selalu berusaha menghindar untuk menindak orang yang menyerang pribadi saya karena khawatir egois dan se-wenang2 karena saya punya jabatan. Saya siap tegas untuk kasus lain yang tak merugikan saya. Tapi kali ini mereka mengganggu ibu saya, bukan mengganggu menko polhukam," ujar Mahfud MD dikutip dari akun Twitternya @mohmahfudm, Rabu 2 Desember 2020.

Hal yang wajar bila Menkopolhukam marah atas peristiwa tersebut karena yang diganggu adalah ibundanya. Sementara dalam Islam diajarkan agar kita menghormati dan berbakti pada orang tua, khususnya ibu.

Baca Juga: Kronologis Anies Baswedan Terpapar Covid-19, Bukan Karena Kunjungan ke Rumah Habib Rizieq

Ajaran Islam sangat menekankan bahwa seorang anak harus menghormati dan dan berbakti pada kedua orangtuanya. Perintah untuk berbakti kepada orangtua ini tertuang dalam berbagai ayat Al Quran. Berikut 7 ayat al Quran tentang bakti pada kedua orangtua:


1. QS al-Isra’: 23

Dalam surat ini, Allah menekankan seorang anak untuk berbuat baik kepada orangtuanya.
Berikut arti surat Al Isra ayat 23: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS al-Isra’ : 23)

Baca Juga: Pesan Menyentuh Anies Baswedan ke ASN DKI: Bekerja Giat dan Jangan Sampai Layanan Publik Terganggu


2. QS Luqman: 14

Pada ayat ini, Allah menjelaskan bagaimana beratnya tanggungjawab yang dijalankan seorang ibu, mulai dari mengandung dan menyapih anaknya selama dua tahun. Oleh karena itu, Allah memerintah untuk berbakti pada mereka.

Berikut arti dari Surat Luqman ayat 14: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS Luqman: 14).

Baca Juga: Ridwan Saidi Marah Besar ke Prabowo Subianto: Persediaan Maaf Saya Sudah Habis

3. QS an-Nisa’: 36

Pada ayat ini, Allah memerintahkan seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orangtuanya.

Berikut arti dari surat An Nisa ayat 36: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,” (QS an-Nisa’: 36)

Baca Juga: Said Didu Sindir Prabowo: Ngomong Mau Tanam Padi, Jadinya Singkong, Panennya Ekspor Benur

4. QS al-Baqarah: 83

Halaman:

Editor: Sunardi Panjaitan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x