Ini Isi Curhatan WNI yang Dievakuasi dari Gempa Turki Kepada Dubes RI Muhamad Iqbal: Ada yang Trauma

- 12 Februari 2023, 05:09 WIB
Dubes RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal menemui 123 WNI, yang terdampak gempa di negara tersebut Jumat, 10 Februari 2023
Dubes RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal menemui 123 WNI, yang terdampak gempa di negara tersebut Jumat, 10 Februari 2023 /ANTARA/HO-KBRI Ankara/

BERITA SUBANG - Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi menyusul terjadinya gempa bumi di Turki curhat ke Muhamad Iqbal, Duta Besar RI untuk negara di Timur Tengah tersebut.

Pada sebuah kesempatan berbincang-bincang sambil makan siang di Wisma Duta di Ankara, Jumat 10 Februari 2023, Dubes RI Iqbal memastikan KBRI akan terus membantu 123 WNI untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi pascaevakuasi dari bencana tersesebut.

"Kami akan membantu teman-teman menyelesaikan masalah yang muncul akibat bencana ini semaksimal mungkin. Kami ingin agar teman-teman segera mulai hidup normal kembali,” kata Iqbal dalam pertemuan tersebut, seperti dikutip dalam keterangan tertulis KBRI Ankara, Sabtu.

Beberapa keluhan WNI yang telah dievakuasi dari gempa Turki diantaranya terkait logistik.

Para WNI tersebut mengungkapkan, ketika menyelamatkan diri, sebagian besar dari mereka tidak membawa pakaian, sepatu, atau barang pribadi penting lainnya.

Menurut Dubes RI Iqbal, ada WNI yang mengalami trauma dan penyakit-penyakit akibat tekanan pikiran.

Ada juga yang kehilangan paspor, kartu izin tinggal di Turki,  dokumen-dokumen penting, dan serta akses perbankan.

WNI yang selamat tersbut sebagian besar adalah pelajar tersebut juga mencemaskan kelanjutan studi mereka.

"Mulai malam ini, Tim Konsuler akan menemui para WNI satu persatu untuk memetakan masalah yang masing-masing WNI hadapi serta mencarikan solusinya," kata Rahmawati, diplomat senior yang mengurus perlindungan WNI dan kekonsuleran KBRI Ankara, seperti dilansir dari ANTARA.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x