Mengenal BrahMos, Diklaim Rudal Supersonik Tercepat Dunia, Dapat Belah Kapal Induk AS, Kapan Indonesia Beli?

- 12 Desember 2022, 23:01 WIB
BrahMos diluncurkan dari kapal perang Angkatan Laut India
BrahMos diluncurkan dari kapal perang Angkatan Laut India /Tangkap Layar NDTV/

BERITA SUBANG - Jangan remehkan negara satu ini di Asia, yakni India, karena negara ini mampu membuat rudal supersonik bernama BrahMos, yang diklaim merupakan rudal supersonik tercepat di dunia yang dapat memelah kapal induk AS.

Financialexpress.com pada 19 Juli 2022, memberitakan bahwa India akan mendapat dorongan ketika pesanan ekspor untuk senjata varian anti-kapal berbasis pantai seperti rudal jelajah supersonik BrahMos.

Portal berita tersebut mengutip sumber bahwa pembicaraan dengan Indonesia sedang dalam tahap lanjut untuk ekspor rudal jelajah supersonik BrahMos Indo-Rusia.

Di bulan July 2022, Indonesia sedang mengurus pesawat KF-21 Boramae yang digarap dengan Korea Selatan, sukses terbang.

Disebutkan bahwa Indonesia akan menjadi negara anggota Asean kedua setelah Filipina yang mengimpor rudal dari India.

Indonesia memang sempat membutuhkan rudal sekelas BrahMos, terutama ketika masa-masa kapal induk atau kapal perang dari China yang suka mengawasi wilayah Natuna Utara.

BrahMos dikabarkan mampu memberi transfer teknologi, sehingga, jika Indonesia membeli rudal tersebut maka negara ini tak perlu pusing lagi membeli lagi rudal dari produsen lainnya.

India Times pada Rabu 15 Desember 2021, memberitakan Indonesia kemungkinan besar akan mengadakan kerja sama dengan New Delhi untuk memperoleh teknologi pertahanan hasil buatan negeri itu.

Wakil penasehat keamanan nasional India Pankaj Saran, ketika bertemu dengan Menhan Prabowo dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pada 8 Desember 2021 sempat menjelaskan soal kerja sama pertahanan, latihan kontra terorisme yang dilakukan kedua negara.

"Kami memiliki kepentingan yang sama dalam menangani radikalisme dan ekstremisme. Oleh karena itu, kami dapat mengembangkan kerja sama untuk membangun hubungan yang lebih kuat di bidang pertahanan," kata Moeldoko tahun lalu.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x