PBB Tuding Ada Pelanggaran HAM Terhadap Warga Muslim di Xinjiang, China Meradang

- 11 September 2022, 06:33 WIB
Duta Besar China di PNN, Chen Xu
Duta Besar China di PNN, Chen Xu /twitter@Chen Xu

BERITA SUBANG - Duta Besar China untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa mengatakan Beijing tidak akan bekerja sama dengan kantor hak asasi manusia (HAM) PBB

Pernyataan itu disampaikan setelah PBB merilis laporan tentang dugaan pelanggaran HAM di Xinjiang, Jumat 9 September 2022.

 Laporan itu menetapkan "pelanggaran HAM yang serius telah dilakukan" di China terkait penahanan warga Uighur dan Muslim lainnya di Xinjiang yang diduga sebagai kejahatan kemanusiaan.

 Baca Juga: Komnas HAM: Ada di TKP, Putri Candrawathi Diduga Ikut Tembak Brigadir J

"Kantor PBB menutup pintu kerja sama dengan merilis apa yang disebut penilaian," kata Duta Besar Duta Besar Chen Xu kepada wartawan.

Laporan itu dirilis beberapa menit sebelum Komisaris Tinggi Michelle Bachelet mengakhiri masa jabatan empat tahunnya dan telah melakukan kunjungan ke China pada Mei lalu.

Laporan tersebut juga merekomendasikan langkah-langkah segera untuk membebaskan semua yang ditahan di pusat-pusat pelatihan, penjara atau fasilitas penahanan.

Baca Juga: Bripka Ricky Tolak Perintah Ferdy Sambo untuk Tembak Brigadir J Sejak di Jalan Saguling

Hal ini telah mempengaruhi lanjutan hubungan antara kantor HAM PBB dan Beijing termasuk pertemuan di masa depan dan kunjungan tindak lanjut yang disepakati antara Bachelet dan Beijing waktu itu.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x