Presiden Ukraina Kecam Dewan Keamanan PBB

- 6 April 2022, 19:17 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. /Reuters/

BERITA SUBANG - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengecam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang dinilai gagal menegakkan perdamaian di seluruh dunia. Ia juga menyerukan agar pejabat Rusia diadili atas kejahatan perang.

"Dimana keamanan yang seharusnya dijamin oleh Dewan Keamanan?" seru Zelensky dalam pidato virtual di Dewan Keamanan PBB, dilansir dari laman BuzzFeed, Rabu 6 April 2022.

Zelensy mengkritik hak veto yang dinikmati Rusia sebagai salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 15 orang. Karena itu, ia meminta agar segera dilakukan reformasi di tubuh Dewan Keamanan PBB dan hak veto Rusia dihapus.

Baca Juga: Munarman Divonis 3 Tahun Penjara Oleh Hakim PN Jaktim Atas Kasus Terorisme, Bagaimana Sikap JPU?

"Apakah Anda siap untuk menutup PBB? Dan apakah Anda berpikir hukum internasional telah berlalu? Jika jawaban Anda tidak, maka Anda harus segera bertindak," tegas Zelensky.

Zelensky menawarkan untuk menjadi tuan rumah konferensi global di Kyiv untuk menentukan bagaimana mereformasi keamanan global guna mencegah kekerasan di masa depan.

"Kita harus melakukan segala daya kita untuk mewariskan PBB yang efektif kepada generasi berikutnya dengan kemampuan untuk merespons tantangan keamanan secara preventif," ujarnya.

Zelenksy menggambarkan kekerasan yang terjadi di Ukraina khusus di kota Bucha. Warga sipil ditembak di dalam ruah mereka dan mobil mereka dihancurkan oleh tank.

"Orang-orang disiksa dan dieksekusi, tangan mereka terkadang diikat ke belakang. Tenggorokan disayat dan anggota badan dipotong. Wanita diperkosa dan dibunuh di depan anak-anak mereka," katanya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x