Menko Airlangga Hartarto Prediksi Ekspor Komoditas Unggulan Tahun Ini Bakal Turun

- 12 Januari 2023, 18:44 WIB
Menko Airlangga Hartarto Prediksi  Ekspor Komoditas Unggulan Tahun Ini Bakal Turun
Menko Airlangga Hartarto Prediksi Ekspor Komoditas Unggulan Tahun Ini Bakal Turun /Instagram/@airlanggahartarto_official

 BERITA SUBANG-Pemerintah Indonesia memproyeksikan nilai ekspor pada tahun 2023 tumbuh sebesar 12,8 persen.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 11 Januari 2023.

Angka itu melambat dibandingkan pertumbuhan ekspor 2022 yang mencapai 29,8 persen, tetapi menurut Menko Perekonomian proyeksi itu ditetapkan dengan asumsi nilai basis yang sudah tinggi.

 Baca Juga: Pemprov Sulbar Ekspor Bungkil Sawit ke Thailand

"Kita memproyeksikan pertumbuhan ekspor tahun ini melambat daripada tahun lalu, karena basisnya sudah naik tinggi," kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangan pers seusai mengikuti Rapat Terbatas tentang Ekspor dan Investasi yang dipimpin langsung Presiden Jokowi.

Sementara untuk impor 2023 diproyeksikan naik sebesar 14,9 persen setelah tumbuh 29,4 persen pada 2022.

Menko Airlangga Hartarto menjelaskan perlambatan tersebut tidak lepas dari pengamatan perkembangan perekonomian global yang diproyeksikan pertumbuhannya menurun.

Baca Juga: Ayah Vanessa Khong Divonis Empat Tahun Penjara Terkait TPPU Kasus Binomo

 "Kita lihat beberapa pertumbuhan (ekonomi) akan juga ada perbaikan terutama di China di region ini, dan Indonesia juga masih diproyeksikan positif," kata Menko Airlangga.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x