Pemangku Kepentingan Sawit Dukung Kemitraan dengan Petani

- 30 Juli 2021, 14:31 WIB
Replanting sawit akan dongkrak kinerja petani
Replanting sawit akan dongkrak kinerja petani /@https://www.bpdp.or.id//

BERITA SUBANG – Para pemangku kepentingan sawit seperti Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit ( BPDPKS ) mendukung kemitraan dengan petani.

Direktur BPDPKS Edi Wibowo mengatakan, dukungan bagi para petani diantaranya berupa pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan, promosi/kemitraan, peremajaan, sarana dan prasarana, pemenuhan kebutuhan pangan, hilirisasi industri perkebunan kelapa sawit, penyediaan dan pemanfaatan bahan bakar nabati.

“Dukungan itu diharapkan bisa meningkatkan kinerja sektor sawit Indonesia, dan menyerap kelebihan CPO di pasar dalam rangka stabiliasi harga. Hasilnya terjadi penciptaan pasar domestik, sementara bagi petani akan ada potensi peningkatan kesejahteraan,” kata Edi Wibowo dalam FGD Sawit bertajuk “Peran BPDPKS dalam Memperkuat Kemitraan Pekebun Kelapa Sawit Indonesia”, Kamis 29 Juli 2021.

Baca Juga: Sosok Akidi Tio, Penyumbang Rp2 Triliun Ternyata Kontraktor dan Pengusaha Sawit

Untuk tujuan penyelenggaraan program kemitraan berbasis karakteristik usaha, lanjut Edi, di antaranya bisa memberikan jaminan pasar bagi Tandan Buah Segar (TBS) sawit pekebun swadaya, memberikan akses petani swadaya untuk memperoleh bibit dan pupuk berkualitas.

Selanjutnya, memberikan bimbingan teknis peningkatan produksi TBS, memberikan bimbingan teknis peningkatan mutu TBS pekebun swadaya sesuai standar industri kelapa sawit. Selanjutnya, kata Edi Wibowo, BPDPKS juga memberikan bimbingan teknis pola usaha tani/berkebun yang baik dan berkelanjutan.

Sementara itu, Direktur Eksekutif GAPKI Mukti Sardjono mengatakan Gapki mendukung program kemitraan tersebut. Bentuk dukungan itu berupa pembentukan Satgas Percepatan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Baca Juga: Wilmar Prioritaskan Penguatan Hak dan Perlindungan Anak di Perkebunan Sawit

Gapki melibatkan seluruh Cabang Gapki, kemudian menjadi Anggota Pokja Penguatan Data dan Peningkatan Kapasitas Pekebun-Kemenko Perekonomian.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x