Kadin Ingatkan Sebagai Sektor Padat Karya Sawit Dorong Kesejahteraan Masyarakat

- 5 Desember 2020, 10:14 WIB
Wakil Ketua Umum Kadin bidang Agribisbnis, Pangan dan Kehutanan Franky O. Widjaja
Wakil Ketua Umum Kadin bidang Agribisbnis, Pangan dan Kehutanan Franky O. Widjaja /Kadin.id

BERITA SUBANG - Wakil Ketua Umum Kadin bidang Agribisbnis, Pangan dan Kehutanan Franky O. Widjaja mengatakan industri sawit tidak hanya menopang perekonomian, juga mendorong kesejahteraan rakyat sebagai sektor yang padat karya.

“Setidaknya 16 juta masyarakat Indonesia bergantung hidup terhadap industri sawit, baik langsung maupun tidak langsung,” ungkap Franky Widjaja pada konferensi minyak sawit terbesar dunia IPOC (Indonesian Palm Oil Conference) 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (3/12).

Selain itu dengan peningkatan populasi dunia dan permintaan pasar akan minyak nabati, Franky mendorong industri sawit untuk menopang ketahanan pangan dunia.

 Baca Juga: Pemerintah Jamin Kepastian Berusaha di Industri Sawit

Dia menjelaskan, sawit sebagai minyak nabati yang paling produktif dan efisien dibandingkan minyak nabati lainnya sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar dunia. Minyak sawit memproduksi setidaknya 5 ton per hektar per tahun sehingga hanya membutuhkan 40 juta hektar untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia. Sementara itu, kedelai dengan produksi rata-rata produksinya 0,45 MT/ha/tahun maka membutuhkan 445 juta hektar lahanz Dan kanola yang produksi rata-ratanya 0,78 MT/ha/tahun membutuhkan lahan seluas 290 juta hektar.

Dengan potensi yang besar, Franky meyakini industri sawit Indonesia mampu memenuhi pangsa pasar domestik juga dunia terlebih jika terus mampu meningkatkan produktivitas.***

 

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x